Etiologi berat badan bayi baru lahir terhadap kejadian hpp

Berikan stimulus yang sesuai Bisa dilakukan dengan mengajak berbicara, membelai, memijat, mengajak bermain, menimang, menggendong, menunjukkan perbedaan warna gelap dan terang, gambar — gambar dan mainan berwarna cerah.

Prematuritas sendiri tidak menyebabkab kematian. Vitam E berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah peroksidasi asam lemak tak jenuh ganda poly-unsaturated dalam membrane sel darah merah. Kelainan kimia hati Asidosis hiperkloremik terjadi pada bayi yang mendapat asam amino sintetik kecuali kalau susunan asam anionik, asam amino kationik dan berbagai garam lainnya berimbang.

Biasanya bayi prematur dipulangkan dengan berat badan lebih dari gram dan semua masalah yang berat sudah diatasi. Berat badan kurang dari 2. Otak Aliran darah otak, konsumsi oksigen dan tekanan vaskuler tidak berubah pada wanita hamil yang menderita preeklampsia, ataupun hipertensi esensial, namun demikian tidak tertutup kemungkinan timbulnya daerah hipoperfusi atau hiperfusi pada otak.

Berdasarkan surat keputusan Mendagri No.

Laporan Akhir Asuhan Keperawatan Pada Bayi BBLR Lengkap Teori dan Kasus

Bagaimana perawatan bayi dengan BBLR? Keadaan ini terjadi lebih dahulu pada bayi premature dengan ukuran yang lebih besar. Apabila bayi kurang dapat menghisap, tambahkan ASI peras dengan menggunakan salah satu alternatif cara pemberian minum. Ibu hamil dengan usia yamg masih muda, mempunyai kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan terjadinya bayi prematur.

Kemudia setelah bayi bernafas dengan udara biasa lagi, pembuluh darah ini akan mengalami vasodilatasi yang selanjutnya akan disusul dengan proliferasi pembuluh darah baru secara tidak tidak teratur. Pemberian folat perlu untuk pembentukan DNA dan produksi sel baru.

Aspirasi mekonium, yang diikuti pneumotorax disebabkan oleh distrees pada persalinan b. Dengan cara kerja tersebut preeklampsia dapat terjadi setelah terjadi peningkatan salah satu prostaglandin atau penurunan sintesis atau pelepasan prostaglandin atau mungkin keduanya Gant, Selain itu bayi BBLR tidak dapat beradaptasi dengan asfiksia yang terjadi selama proses kelahiran sehingga dapat lahir dengan asfiksia perinatal.

Pemeriksaan antenatal yang teratur akan memberikan kesempatan untuk dapat mendiagnosis secara dini masalah-masalah yang dapat menyulitkan kehamilan maupun persalinan, sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat secepatnya. Perhatikan kemungkinan terjadinya pneumonia aspirasi.

Suhu incubator yang optimum diperlukan agar panas yang hilang dan konsumsi oksigen terjadi minimal sehingga bayi telanjang pun dapat mempertahankan suhu tubunya sekitar 36,5oC - 37 oC.

Askep BBLR NANDA NIC NOC

Sedangkan menurut Saifudin Pemberian makanan dilakukan menggunakan pipet sedikit namun sering. Perawatan di rumah a. Dalam keadaan khusus bila perlu ASI dimasukkan dalam botol susu. Setelah keadaan preeklampsia berat dapat diatasi, pertimbangkan mengakhiri kehamilan berdasarkan: Bayi berat lahir rendah BBLR adalah salah satu hasil dari ibu hamil yang menderita energy kronis dan akan mempunyai status gizi buruk.

Sistem sirkulasi Pada BBLR jantung biasanya relatif kecil saat lahir sehingga kerjanya lambat dan lemah, sirkulasi perifer seringkali buruk dan dinding pembuluh darah juga lemah.

Afterload-tegangan atau tekanan sistolik intramiokardial terhadap ejeksi c. Oleh sebab iru, bayi berat lahir rendah harus diberi tambahan vitamin. Selama bayi dirawat, ibu diberi petunjuk bagaimana meamndikan bayi, merawat tali pusat, cara menyusui bayi, serta manfaat pemberian air susu ibu bagi anak maupun untuk ibu sendiri dan petunjuk lain sehingga dirumah ibu tidak mendapat kesukaran merawat bayinya.

Pemberian cairan melalui vena perifer sering menimbulkan flebitis, kulit terkelupas dan infeksi superficial. Apabila bayi masih tampak lapar atau berat badan bayi tidak bertambah, maka jumlah harus dinaikkan. Pemeriksaan klinis dan biokimia harus dilakukan setiap hari agar isi cairan intravena dapat diatur dengan seksama.

Prognosis akan lebih buruk bila BB makin rendah, angka kematian sering disebabkan komplikasi neonatal seperti, asfiksia, aspirasi, pneumonia, perdarahan intracranial, hipoglikemia. Semakin muda umur kehamilan, fungsi organ tubuh semakin kurang sempurna dan prognosisnya semakin kurang baik.

Terhambatnya jalan napas akan menimbulkan asfiksia, hipoksia dan akhirnya kematian. · Bayi yang dilahirkan dalam keadaan berat badan lahir rendah (BBLR) merupakan hal yang tidak menyulitkan bila kelahirannya sesuai dengan masa gestasi karena memiliki struktur anatomik dan fungsi tubuh yang sama dengan bayi yang dilahirkan dengan berat badan yang normal tetapi mereka tetap memiliki kerentanan terhadap infeksi jauh lebih rendah daripada bayi yang dilahirkan dengan berat badan.

Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik serta tumbuh kembang. SARAN Diharapkan setelah dirawat bayi dapat: Berat badan naik mencapai normal, daya hisap kuat, tidak terjadi infeksi dan hipotermi, maupun resiko infeksi. Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram (Arief, ).

Dahulu bayi baru lahir yang berat badan lahir kurang atau sama dengan gram disebut premature. Untuk mendapatkan keseragaman pada kongresAuthor: DEWI PUJI LESTARI. Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang berat badan lahirnya pada saat kelahiran kurang dari gram sampai dengan gram.

Bayi baru lahir berat badannya kurang atau sama dengan gram disebut bayi prematur. Berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 (satu) jam setelah lahir (3). Epidemiologi Prevalensi bayi berat lahir rendah (BBLR) diperkirakan 15% dari seluruh kelahiran di dunia dengan batasan 3,3%% dan lebih sering terjadi di negara-negara berkembang atau sosio-ekonomi rendah.

Bayi dengan BBLR terjadi akibat kelahiran sebelum waktunya atau umur kehamilan belum mencapai sembilan bulan, bayi lahir cukup tapi pertumbuhan dalam kandungan tidak baik oleh karena itu ibu kurang gizi, kurang darah, sering sakit, banyak merokok atau bekerja berat.

Etiologi berat badan bayi baru lahir terhadap kejadian hpp
Rated 0/5 based on 49 review