Fisiologi bilirubin

Kedua, empedu bekerja sebagai suatu alat untuk mengeluarkan beberapa produk buangan penting dari darah, hal ini terutama meliputi bilirubin, dan kelebihan kolesterol yang dibentuk oleh sel-sel hepar.

Inilah waktu dimana sinar surya efektif mengurangi kadar bilirubin. Akibatnya bilirubin tak terkonjugasi meningkat dalam darah.

Kemudian arteri itu membelok dan masuk ke dalam ligamentum hepatoduodenale di bagian caudal foramen epiploicum Winslowi; berjalan didalam ligamentum itu bersama-sama dengan duktus choledocus, vena portae, pembuluh limfe, dan serabut saraf menuju porta hepatis.

PATOFISIOLOGI IKTERUS (PENYAKIT KUNING)

Ligamentum teres sisa vena umbilikalis berada pada fisura ini. Adanya kandungan glukosa pada urin tidak selalu positif diabetes mellitus, atau dikenal dengan positif palsu. Gangguan konjugasi muncul besama dengan gangguan ekskresi bilirubin dan menyebabkan peningkatan kedua jenis bilirubin baik yang larut maupun yang tidak larut.

Kumar, Cortran, Robins. Lower group, yang jumlah bervariasi dan ukurannya kebih kecil. Hepar kiri dibagi menjadi sektor anterior segmen III dan IV dan sektor posterior segmen II- sektor yang hanya terdiri dari satu segmen oleh scisura kiri.

Sel kupffer merupakan fagosit mononuklear dan ditemukan pada permukaan luminal sel endotelial. Lobus ini terletak di hipokondrium dextra dimana dipisahkan dengan lobus hepatis sinistra oleh ligamentum falciforme pada facies diafragma, sedangkan pada facies visceralis dipisahkan oleh fossa sagitalis sinistra Facies sagitalis sinistra dibentuk oleh fossa ductus venosi pada bagian dorso cranial dan fossa vena umbilikalis pada bagian ventro caudal.

Oleh karena itu perlu dilakukan uji lebih lanjut untuk memastikan jenis gula pereduksi yang terkandung dalam sampel urin. Beberapa kelainan lain yang menyebabkan hiperbilirubinemia regurgitasi adalah Syndroma Dubin Johnson, diturunkan secara autosomal resesif, terjadi karena adanya defek pada sekresi bilirubin terkonjugasi dan estrogen ke sistem empedu yang penyebab pastinya belum diketahui.

Patofisiologi ikterus

Lakukan antara jam Traktus urinaria yaitu: Gejala kuning pada yang dikenal sebagai ikterus dibagi 3 golongan berdasarkan penyebab kuningnya tersebut. Dari sini empedu langsung dikosongkan menuju ke duodenum atau dialihkan melalui duktus sistikus ke dalam kandung empedu. Hiperbilirubinemia retensi dapat terjadi pada kasus-kasus haemolisis berat dan gangguan konjugasi.

Berikan terapi infuse pada bayi bila indikasi yaitu meningkatnya konsentrasi urine dan cairan hilang berlebihan Monitoring temperature setiap 1 jam Suriadi, 2.

Vena portae hepatis Dibentuk oleh gabungan antara vena mesenterica superior dan vena lienalis. Meningkatkan sintesis hepatic glukoronil transferase yang mana dapat meningkatkan bilirubin konjugasi dan clearance hepatic pada pigmen dalam empedu,sintesis protein dimana dapat meningkatkan albumin untk meningkat bilirubin.

Tepi kanan yang bebas dari lig. Vena hepatica Vena ini menfiksasi hepar ke dinding posterocranial cavum abdominis terhadap vena cava inferior.

Pada facies inferior dan anterior hepatis b. Arteri hepatika komunis, berjalan dalam jarak yang pendek di retroperitoneal kemudian melewati permukaan suprior dan sisi kiri dari duktus hepatika komunis.

Tekanan sekresi empedu sekitar 10 — 20 cm dengan tekanan sekresi maksimal 30 — 35 cm pada keadaan obstruksi biliaris total.

Empedu melakukan dua fungsi penting: Karena terjadinya akibat sumbatan pada saluran empedu disebut juga sebagai ikterus kolestatik. Peninggian kadar bilirubin tak larut dalam darah tidak terdeteksi didalam urine sehingga disebut juga dengan ikterus acholuria.

Hepar kiri memiliki fisura yang nampak berada di sepanjang permukaan inferior yang di sebut fisura umbilikalis. Di bawah peritoneum terdapat kapsula Glisson, yang meliputi seluruh permukaan organ; kapsula ini pada hilus atau porta hepatis di permukaan inferior, melanjutkan diri ke dalam massa hati, membentuk rangka untuk cabang-cabang vena porta, arteri hepatika dan saluran empedu.

Misal pada tumor, kelainan bawaan atresia bilierbatu pada kandung empedu dsb. Kemungkinan ini terjadi karena kontaminasi reagen dan pH urin yang basa sehingga protein sukar larut. Jika ada dugaan ikterus hemolitik perlu dipastikan dengan pemeriksaan kadar bilirubin total, bilirubin indirek, darah rutin, serologi virus hepatitis.

Diantara kedua fossa sagitalis sinistra dan dextra terdapat cekungan yang berjalan melintang yang disebut porta hepatis yang membagi 2 bagian menjadi lobus qudratus dan lobus caudatus Spigeli 2. Jadi pada ikterus obstruktif ini perlu dibuktikan dengan pemeriksaan kadar bilirubin serum, bilirubin urin, urobilin urin, USG, alkali fosfatase.

Dalam scissura utama terdapat vena hepatika media yang berjalan dari sisi kiri vena cava suprahepatika ke bagian tengah fossa kandung empedu. Dalam keadaan normal ml empedu di produksi perhari.Bilirubin dibuat dari pemecahan Hb oleh jaringan RES di berbagai tempat, terutama di sumsum tulang dan limpa.

Empedu di bentuk di membran kanalikuli hepatosit.

Ikterus fisiologis

Sebagian juga pada duktulus-duktulus empedu dan di sekresi oleh proses aktif yang secara relatif tidak bergantung pada aliran lawsonforstatesenate.com: Andi Ria Kurniawati.

Fisiologi dan biokimia bilirubin. Cairan empedu adalah substansi yang diproduksi di hati dan mengandung garam-garam empedu, kolesterol, elektrolit, dan bilirubin, yang merupakan hasil dari.

Baixe no formato DOCX, PDF, TXT ou leia online no Scribd. Sinalizar por conteúdo inapropriado. Baixar.

Fisiologi Hati Dan Kandung Empedu

Ikterus fisiologis. Pengertian Ikterus Fifiologis. Ikterus adalah perubahan warna kuning pada kulit dan sclera yang terjadi akibat peningkatan kadar bilirubin didalm darah (Fraser,).

Pada kasus ini didapatkan peningkatan bilirubin direk, bilirubin indirek, zat yang larut dalam empedu serta batu empedu. Jadi pada ikterus obstruktif ini perlu dibuktikan dengan pemeriksaan kadar bilirubin serum, bilirubin urin, urobilin urin, USG, alkali fosfatase.

Fisiologi Hati Dan Kandung Empedu - Download as Powerpoint Presentation .ppt), PDF File .pdf), Text File .txt) or view presentation slides online.

Kedokteran.

Fisiologi bilirubin
Rated 5/5 based on 54 review