Pemeriksaan fisik lengkap bayi baru lahir berat badan rendah

Alveoli cenderung kecil, dengan adanya sedikit pembuluh darah yang mengelilingi stroma seluler. Keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan kecuali terdapat tanda peradangan. Mulut Mulut seharusnya mempunyai posisi simetris dan letaknya tepat di garis tengah. Suhu meninggi apabila ditemukan dehidrasi ,ganguan serebral,infeksi,atau kenaikan suhu lingkungan.

Terdapat bising usus dan regurgitasi sendawa setelah minim susu. Alat ukur harus terbuat dari bahan yang tidak lentur.

Laporan Akhir Asuhan Keperawatan Pada Bayi BBLR Lengkap Teori dan Kasus

Pencernaan protein berkembang dengan baik pada bayi preterm yang terkecil sekalipun. Kulit kemerahan dan licin karena jaringan dan diikuti vernik caseosa.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Pastikan bayi tersebut tetap hangat dan kontak antara kulit bayi dengan kulit ibu. Hiperbilirubun terjadi karena belum matangnya fungsi hepar. Penimbangan berat badan Letakkan kain atau kertas pelindung dan atur skala penimbangan ke titik nol sebelum penimbangan.

Adanya dukungan materi dan non materi dari tokoh masyarakat setempat baik pimpinan formal maupun informal dalam menunjang pelaksanaan kegiatan posyandu. Tekanan diastolik secara proporsional rendah, bervariasi dari 30 — 45 mmHg. Perubahan ini hanya bersifat sementara dan bersifat tidak bahaya, penyebabnya belum diketahui saat ini.

Mata Goyangkan kepala bayi secara perlahan-lahan supaya mata bayi terbuka. Pendarahan BBL dapat terjadiselama beberapa hari pada minggu pertama kehidupan dan hal ini dianggap normal.

BBLR (BAYI BERAT LAHIR RENDAH)

Kaji adanya pembengkakan Jika perut sangat cekung kemungkinan terdapat hernia diafragmatika Abdomen yang membuncit kemungkinan karena hepato-splenomegali atau tumor lainnya Jika perut kembung kemungkinan adanya enterokolitis vesikalis, omfalokel atau ductus omfaloentriskus persisten l.

Hasil timbangan dikurangi berat alas dan pembungkus bayi b. Menggunakan bahasa awam, Harus dilakukan pada saat yang tepat dan suasana yang memungkinkan.

Penyakityang diderita nantinya: Hidung Kaji bentuk dan lebar hidung, pada bayi cukup bulan lebarnya harus lebih dari 2,5 cm.

Pergerakannya harus baik. Nafas yang tersendat — sendat dan tidak teratur irregular gasping yang kadang — kadang diikuti leh gerakan spasme mulut dan dagu menunjjukan pusat pernafasan yang berat. Refleks seperti refleks leher tonik ditemukan pada bayi prematur normal, tetapi refleks tendon bervariasi karena perkembangan susunan saraf yang buruk, maka bayi terkecil pada khususnya yang lemah, lebih sulit untuk di bangunkan dan mempunyai tangisan yang lemah Sistem genital Genital kecil pada wanita, labia minora tidak ditutupi labia mayora hingga aterm.

Absorbsi lemak tampaknaya merupakan masalah, kendatipun sudah dapat enzim pemecah lemak. Tumor di daerah leher seperti tiroid, hemangioma, higroma kistik selain merupakan masalah sendiri dapat menekan trankea sehingga memerlukan tindakan segera. Selama setahun stadium ini bayi bisa menjadi buta jika diberikan oksigen dalam konsentrasi yang tinggi untuk waktu yang lama E.

22 Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir Lengkap Normal

Trauma leher dapat terjadi pada persalinan yang sulit. Reaksi spontan atas rangsang yang datang. Sutura yang berjarak lebar mengindikasikan bayi preterm,moulding yang buruk atau hidrosefalus. Efisiensi plasenta dalam mengkonsentrasikan, mensintesis dan transport zat-zat makanan menentukan suplai makanan ke janin.

Pada bayi denganletak sungsang selama masa kehamilan, akan mengalami fleksi penuh pada sendipanggul dan lutut atau sendi lutut ekstensi penuh, sehingga kaki bisa dalamberbagai posisi normal sesuai bayi intra uterin.

Spinal Periksa psina dengan cara menelungkupkan bayi, cari adanya tanda-tanda abnormalitas seperti spina bifida, pembengkakan, lesung atau bercak kecil berambut yang dapat menunjukkan adanya abdormalitas medula spinalis atau kolumna vertebra. Akibat Gizi Kurang pada Janin dan Bayi Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti infeksi selama dalam kandungan, kurang gizi ibu, penyakit ibu selama kehamilan, kebiasaan merokok, penggunaan obat-obatan serta kelainan pada saluran kencing.

Leher Leher bayibiasanya pendek dan harus diperiksa kesimetrisannya. Sidaktili, penggabungan jari yang abnormal. Atau tariklah satu tangan atau kakinya menjauh dari tubuhnya.12/12/ · Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir yang berat badanya saat lahir kurang dari gr (sampai dengan gr).

Bayi dismatur praterm: terlihat gejala fisik prematur ditambah dengan gejala retardasi pertumbuhan dan pelisatan. Kebutuhan cairan untuk bayi baru lahir – ml/kg BB/ hari.

Pengkajian ini dapat ditemukan indikasi tentang seberapa baik bayi melakukan penyesuaian terhadap kehidupan di luar uterus dan bantuan apa yang diperlukan. Dalam pelaksanaannya harus diperhatikan agar bayi tidak kedinginan, dan dapat ditunda apabila suhu tubuh bayi rendah atau bayi tampak tidak sehat.

Prinsip pemeriksaan bayi baru lahir. Bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir pada usiakehamilan minggu dan berat badannya - gram. Bayi baru lahir disebut juga neonatus, merupakan individu yang sedang bertumbuh dan baru sajamengalami trauma kelahiran serta harus dapat melakukan penyesuaian diri darikehidupan intrauterin ke kehidupan ekstrauterin.

4/11/ · Pemberian minum bayi berat lahir rendah (BBLR) menurut berat badan lahir dan keadaan bayi adalah sebagai berikut (3): a. Berat lahir – gram - Bayi Sehat * Biarkan bayi menyusu pada ibu semau bayi. Ingat bahwa bayi kecil lebih mudah merasa letih dan malas minum, anjurkan bayi menyusu lebih sering (contoh; setiap 2 jam) bila lawsonforstatesenate.com: Aangcoy Pemeriksaan fisik merupakan salah satu cara untuk mengetahui gejala atau masalah kesehatan yang dialami oleh pasien.

Dalam melakukan pemeriksaan fisik terdapat teknik dasar yang perlu dipahami, antara lain inspeksi, palpasi, perkusi, dan auskultasi. Dalam pemeriksaan fisik pada bayi dan balita ini beda dengan orang dewasa.

Waktu pemeriksaan dapat di lakukan saat bayi baru lahir, 24 jam setelah lahir (sesaat sesudah bayi lahir pada saat kondisi atau suhu tubuh sudah stabil dan setelah di lakukanpembersihan jalan nafas/resisutasi, pembersihan badan bayi, perawatan tali pusat) .

Pemeriksaan fisik lengkap bayi baru lahir berat badan rendah
Rated 3/5 based on 43 review